Bacaan Ta’awudz adalah A`ūdzu billāhi minas-syaitānir rajīmi dan Artinya

Bacaan Ta’awudz adalah doa memohon perlindungan kepada Allah Azza Wa Jalla dari godaan dan gangguan setan. Membaca Taawudz biasanya dilafazkan ketika hendak membaca AlQuran, atau berbagai keperluan lainnya baik dalam ibadah wajib, sunnah atau kehidupan sehari-hari yang mengharapakan perlindungan kepada Allah Ta’ala.

Manfaat membaca Ta’awudz membuat yang melafazkannya lebih tenang karena mendapat perlidungan dan pertolongan dari Allah Ta’ala.

Bacaan Ta’awudz ( تعوذ ) atau Isti’adzah

Tulisan Arab Ta’awudz :

Bacaan Taawudz

Bacaan Ta’awudz : A`ūdzu billāhi minas-syaitānir-rajīmi

Arti Bacaan Ta’awudz : “Aku memohon perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk”

Macam-macam Bacaan Ta’awudz

Bacaan Ta’awudz Pertama

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ ، مِنْ هَمْزِهِ و نَفْخِهِ وَ نَفْثِهِ

A-’uudzu bil-laahi minas syai-thaanir ra-jiim min ham-zihii wa naf-khi-hii wa naf-tsih (HR. Abu Daud dan disahihkan Al Albani).

Bacaan Ta’awudz Kedua

أَعُوذُ بِاللَّهِ السَّمِيعِ الْعَلِيمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ مِنْ هَمْزِهِ وَنَفْخِهِ وَنَفْثِهِ

A-’uudzu bil-laahis samii-’il ‘a-lii-mi minas syai-thaa-nir ra-jiim min hamzi-hii wa naf-khi-hii wa naf-tsih (HR. Turmudzi dan disahihkan Al Albani).

Hukum Membaca Ta’awudz / Isti’adzah

Membaca Isti’adzah atau Ta’awudz, yaitu bacaan (أَعُوْذُبِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ) hukumnya sunnah, berdasarkan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam AlQuran Surah An Nahl ayat 98 yaitu :

فَإِ ذَا قَرَءْثَ الْقُرْاَنَ فَا سْثَعِذْ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَا نِ الرَّجِيْمِ

‘’Apabila engkau akan membaca Al Qur’an, maka mohonlah perlindungan kepada Allah SWT dari godaan syetan yang terkutuk.“ (Q.S. An Nahl: 98).

Dalam belajar islam disaat kita akan membaca AlQuran, maka disunahkan membaca Ta’awudz kemudian membaca Basmalah, kecuali pada Surat At Taubah (cukup membaca Ta’awudz saja, tanpa membaca Basmalah).

Pada saat membaca AlQuran dengan diawali membaca taawudz maka akan diberikan kemudahan dan kelancaran dalam membaca AlQuran, apalagi bagi mereka yang sedang belajar membaca Alquran maka harus dibiasakan dari awal untuk membaca Ta’awudz agar diberikan kemudahan dan cepat bisa lancar membaca AlQuran serta mendapatkan keberkahan dari setiap huruf AlQuran yang dibaca.

Membaca Ta’awudz ketika sholat

Membaca Taawudz disunnahkan dibaca setelah doa iftitah, dengan urutan niat sholat, membaca takbiratul ihram lalu doa iftitah setelah membaca ta’awudz pada rakaat pertama ketika sholat, baik sholat wajib 5 waktu, sholat jum’at maupun sholat sunnah. Hal ini disepakati oleh para ulama dan tidak ada pertentangan diantara 4 Mahzab.

Membaca Ta’awudz ketika Marah

Membaca Ta’awudz pada saat marah atau emosi dengan berbagai penyebab sangat dianjurkan, hal ini sesuai dengan anjuran Rosululllah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Dari Sulaiman bin Shurd radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Aku pernah duduk di samping Nabi saat dua orang lelaki tengah saling caci. Salah seorang dari mereka telah memerah wajahnya dan urat lehernya tegang.”

Beliau (Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam) bersabda, “Aku benar-benar mengetahui perkataan yang bila diucapkannya, niscaya akan lenyap apa (emosi) yang ia alami. Andai ia mengatakan, “A’uudzubillaahi minasy-syaithaanir-rajim” pastilah akan lenyap emosi yang ada padanya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Membaca Ta’awudz ketika Takut, Cemas dan Khawatir

Perasaan takut, cemas dan khawatir bisa disebabkan oleh godaan atau gangguan dari bisikan setan, dalam Agama Islam dianjurkan bila diri kita merasakan hal tersebut untuk melindungi dirinya dengan menyandarkan meminta pertolongan kepada Allah Ta’ala sebagaimana dalam firmannya Al -Quran surat Al A’Raf ayat 200 yaitu :

وَاِمَّا يَنۡزَغَـنَّكَ مِنَ الشَّيۡطٰنِ نَزۡغٌ فَاسۡتَعِذۡ بِاللّٰهِ​ؕ اِنَّهٗ سَمِيۡعٌ عَلِيۡمٌ‏ ٢٠٠

Artinya : Dan jika setan datang menggodamu, maka berlindunglah kepada Allah Sungguh, Dia Maha Mendengar, Maha Mengetahui.

Untuk mengatasi takut, cemas dan khawatir bisa membaca Taawudz dilanjutkan membaca ayat kursi dan Surah Al Ikhlas, Al Falaq dan Annas agar mendapatkan perlidungan yang sempurna dari segala macam bahaya baik gangguan jin, setan, sihir maupun yang lainnya.

Membaca Ta’awudz dalam kehidupan sehari-hari sudah harus dilakukan dalam mengawali berbagai kegiatan baik urusan ibadah maupun pekerjaan dan urusan lainnya. Dengan melafazkan bacaan Ta’awudz maka kita akan selalu dalam pengawasan dan perlindungan Allah Azza Wa Jalla yang tentungan ketenangan dan keberkahan akan senantiasa dilimpahkan kepada yang membacanya.

Tinggalkan komentar