Arti Allah Subhanahu Wa Ta’ala ‘Azza Wa Jalla Tabaraka Wa Ta’ala

Allah Subhanahu Wa Ta’ala satu-satunya Tuhan yang maha esa berhak disembah dan tempat bergantung alam semesta beserta isinya, Dia tidak pernah diciptakan ataupun diperanakkan dan tiada yang setara dengan Dia. Pernyataan tersebut mengambil dari Al Quran Surah Al Ikhlas yang merupakan penegasan tentang keesaan Allah ‘Azza Wa Jalla.
Allah Subhanahu Wa Ta'ala 'Azza Wa Jalla Tabaraka Wa Ta'ala

Sahabat belajar islam mempelajari siapa Tuhan kita merupakan hal paling mendasar yang harus kita ketahui dan pahami agar bisa semakin dekat dan mengenal sehingga akan semakin lebih yakin dan mempercayai Tuhan kita yang sesungguhnya.
Kita sering sekali membaca atau mendengar berbagai penyebutan atau penulisan nama Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan beragam tambahan dibelakangnya, lalu tahukah apa artinya ? Maka berikut ini beberapa pengertian dari yang paling banyak ditulis maupun disebutkan oleh orang-orang muslim pada umumnya.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala الله سبحانه و تعالى‎ : Allah yang Maha Suci dan Maha Tinggi
Allah ‘Azza Wa Jalla : Allah yang Maha Perkasa lagi Maha Mulia
Allah Tabaraka Wa Ta’ala : Allah yang Maha Penuh Berkah dan Maha Tinggi
Allah Ta’ala : Allah yang Maha Tinggi
Allah Jalla Dzikruhu : Allah yang Mulia SebutanNya
Allah Tabarakasmuhu : Allah Pemilik Nama yang Penuh Berkah
Allah Jallat `Azhamatuhu : Allah yang Maha Mulia KebesaranNya

Allah ‘Azza Wa Jalla memiliki nama-nama Allah yang baik dengan sifat-sifat kesempurnaanNya yang kita kenal dengan 99 Asma’ul Husna (99 Nama-nama Allah yang Baik). Pelajari setiap nama-nama yang baik bersama sifat-sifat-Nya dengan benar dan kalau bisa dihafalkan agar hidup ini lebih tenang, dimana “hanyalah dengan mengigat Allah Subhanahu Wa Ta’ala hati menjadi tenang“.

Semoga memahami pengertian Allah Subhanahu Wa Ta’ala ‘Azza Wa Jalla Tabaraka Wa Ta’ala dapat meningkatkan iman dan taqwa kita serta semakin tunduk dan mengharap Ridho-Nya saja yang selalu mengawasi kita dimana dan kapan saja tanpa ada yang terlewatkan sedikitpun.

Tinggalkan komentar