Tiga Perkara Membinasakan Menyelamatkan Menghapus Dosa Mengangkat Derajat

Bismillāhir-raḥmānir-raḥīmi dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi penyayang dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam. Baru duduk di meja kerja lalu membuka blog http://www.belajarislam.web.id yang berusaha selain untuk bahan pembelajaran untuk diri sendiri juga mudah-mudahan bisa mengajak para pengguna internet untuk bersama-sama menuntut dan menambah ilmu agama islam.
Tiga Perkara yang Membinasakan Menyelamatkan Menghapus Dosa dan Mengangkat Derajat

Dari facebook saya menyukai banyak halaman maupun tokoh-tokoh serta ulama di Indonesia, karena biasanya hampir setiap hari disuguhkan dengan berbagai motivasi yang baik untuk kebahagian maupun keselamatan dalam menjalani hidup didunia dan untuk bekal di akhirat nanti dengan mengharap Ridho Allah ‘Azza Wa Jalla. Ada hadits shahih yang membuat saya ingin share kembali melalui weblog belajar islam ini mengenai Tiga Perkara yang Membinasakan, Menyelamatkan, Menghapus Dosa dan Mengangkat Derajat seorang manusia.
Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:
ثَلاثٌ مُهْلِكَاتٌ ، وَثَلاثٌ مُنَجِّيَاتٍ ، وَثَلاثٌ كَفَّارَاتٌ ، وَثَلاثٌ دَرَجَاتٌ .
فَأَمَّا الْمُهْلِكَاتُ : فَشُحٌّ مُطَاعٌ ، وَهَوًى مُتَّبَعٌ ، وَإِعْجَابُ الْمَرْءِ بنفْسِهِ .
وَأَمَّا الْمُنَجِّيَاتُ : فَالْعَدْلُ فِي الْغَضَبِ ، وَالرِّضَى ، وَالْقَصْدُ فِي الْفَقْرِ وَالْغِنَى ، وَخَشْيَةُ اللَّهِ فِي السِّرِّ وَالْعَلانِيَةِ .
وَأَمَّا الْكَفَّارَاتُ : فَانْتِظَارُ الصَّلاةِ بَعْدَ الصَّلاةِ ، وَإِسْبَاغُ الْوُضُوءِ فِي السَّبَرَاتِ ، وَنَقْلُ الأَقْدَامِ إِلَى الْجَمَاعَاتِ .
وَأَمَّا الدَّرَجَاتُ : فَإِطْعَامُ الطَّعَامِ ، وَإِفْشَاءُ السَّلامِ ، وَصَلاةٌ بِاللَّيْلِ ، وَالنَّاسُ نِيَامٌ .
Adapun tiga perkara yang membinasakan:
1) Kekikiran yang ditaati
2) Hawa Nafsu yang dituruti
3) Kekaguman seseorang terhadap dirinya.
Tiga perkara yang menyelamatkan:
1) Berbuat adil ketika marah maupun senang
2) Sederhana ketika miskin maupun kaya
3) Takut kepada Allah ketika bersendirian maupun di keramaian.
Tiga perkara yang menghapuskan dosa:
1) Menunggu sholat sampai sholat berikutnya
2) Menyempurnakan wudhu dalam keadaan dingin
3) Berjalan menuju sholat jama’ah.
Tiga perkara yang mengangkat derajat:
1) Memberi makan
2) Menyebarkan salam
3) Sholat di waktu malam, ketika manusia sedang tidur.
[HR. Ath-Thabarani dari Ibnu Umar radhiyallahu’anhuma, Shahihul Jami’: 3045]
Sahabat muslim yang saya cintai dan semoga dimuliakan Allah Subhanahu Wa Ta’ala mari kita renungkan bersama berbagai perkara yang telah disebutkan diatas secara keseluruhan dan kita tanya pada diri kita bagaimana keadaan kita pada saat ini ?

Shalawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan semoga kita selaku umatnya dapat mengikuti beliau dan berjumpa di Surga dengannya. Sahabat semuanya mari kita berusaha sekuat tenaga dan selalu berdoa agar dihindarkan dari 3 perkara yang membinasakan sesuai hadits Rasulullah. Dan marilah kita berusaha sekuat tenaga serta niatkan dan terus berdoa agar dapat melakukan berbagai perkara yang bisa menyelamatkan, menghapus dosa dan bisa mengangkat derajat kita terutama dihadapan Allah Ta’ala.

Tinggalkan komentar