Macam-macam Pembagian Cabang Ilmu Agama Islam

Agama Islam merupakan satu-satunya agama yang di Ridhoi Allah seperti yang dijelaskan dalam Al Qur'an surah Ali Imran ayat 19. Sebagai seorang muslim agar dapat menjalankan ibadah dengan baik dan benar maka diwajibkan untuk menuntut Ilmu dari lahir sampai nanti malaikat maut menjemput. Ilmu banyak sekali, namun sebagai seorang muslim utamakan belajar islam dengan baik untuk mempelajari berbagai macam ilmu-ilmu dalam Agama Islam agar selamat dan bahagia hidup didunia dan untuk kehidupan akhirat nanti.

Allah subhaanahu wa Ta’ala berfirman :
إِنَّ الدِّينَ عِندَ اللّهِ الإِسْلاَمُ وَمَا اخْتَلَفَ الَّذِينَ أُوْتُواْ الْكِتَابَ إِلاَّ مِن بَعْدِ مَا جَاءهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًا بَيْنَهُمْ وَمَن يَكْفُرْ بِآيَاتِ اللّهِ فَإِنَّ اللّهِ سَرِيعُ الْحِسَابِ
“Sesungguhnya agama yang diridhai di sisi Allah hanyalah Islam. Tidaklah berselisih orang-orang yang telah diberikan Al-Kitab, kecualli sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian yang ada diantara mereka. Barangsiapa yang ingkar kepada ayat-ayat Allah, maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisabnya.” (QS. Ali ‘Imran: 19)

Macam-macam Pembagian Cabang Ilmu Agama Islam


  1. Ilmu Tauhid : Ilmu agama islam yang mempelajari iman dan taqwa kepada Allah, seperti keesaan Allah, nama-nama yang baik Allah (Asma'ul Husna), Sifat wajib dan mustahil Allah dan segala sesuatu yang berhubungan dengan ibadah kepada Allah.
  2. Ilmu Aqidah : Ilmu agama islam yang mempelajari tentang keimanan secara lengkap yaitu 6 rukun iman, lebih lengkapnya lagi keyakinan serta kepercayaan seorang muslim serta bagaimana menyikapinya dalam perbuatannya.
  3. Ilmu Fiqih : Ilmu agama islam yang mempelajari tata cara beribadah kepada Allah terutama menjalankan 5 rukun islam, seperti Sholat dan tata cara sholat yang benar, baik memenuhi rukun dan syarat sah sholat serta yang membatalkannya dan sudah masuk jadwal sholat untuk waktunya, rukun dan tata cara penyembelihan hewan dan berbagai tata cara yang lainnya sesuai syariah islam dalam menjalankan ibadah.
  4. Ilmu Akhlaq : Ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dan cara berperilaku yang baik dan benar sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW, membahas segala aspek kehidupan untuk adab dan sopan santun seperti yang diajarkan Rosulullah seperti adab makan minum, adab tidur, adab berperilaku terhadap orang tua dan tetangga serta kaum muslim yang lainnya.
  5. Ilmu Tajwid : Ilmu yang mempelajari bagaimana membaca Al Qur'an yang baik dan benar, seperti bentuk makhraj dan sifat huruf AlQuran yaitu izh-haar, idghaam, iqlaab, ikhfaa, qalqalah, waqaf dan madd.
  6. Ilmu Faraidh : Ilmu yang mempelajari hukum waris baik ketentuan maupun pembagian, seperti ketentuan dan pembagian warisan keluarga.
  7. Ilmu Mushtalahul Hadits : Ilmu dalam agama islam yang membahas derajat hadits yaitu apakah sebuah hadits shahih, hasan, dhaif atau mutawatir.
  8. Ilmu Alat : Ilmu yang mempelajari kaidah-kaidah bahasa Arab, seperti membaca kitab gundul tanpa harakat. Cabang ilmu alat : Shorfun, Nahwu, Khottun, 'Arudl, Bayanun, Ma'ani, Qofiyatun, Syi'run, Isytiqoqun, Insyaau, Munadhoroh, Lughot.
  9. Ilmu Al-Quran / Ulumul Quran : Ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan Al Quran seperti segi keberadaan Al Quran sebagai Firman Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW untuk seluruh alam semesta, dan juga dari segi pemahaman terhadap petunjuk yang terkandung dalam Al Quran. Cabang dari Ilmu Al Quran adalah ilmu tafsir, ilmu qira’at, ilmu rasmil Qur’an, ilmu I’jazil Qur’an, ilmu asbabun nuzul, dan ilmu-ilmu yang berhubungan dengan mempelajari Al-Qur’an.
ilmu tanpa amal seperti pohon tanpa daun dan buah

Pentingnya untuk mengetahui berbagai macam ilmu dalam agama islam, beberapa cabang ilmu agama islam diatas merupakan yang biasa kita pelajari dan temui bila ada yang kurang mohon ditambahkan dengan memberikan komentar. Semoga bisa bermanfaat untuk semuanya dan harapan agar setiap yang mampir dan membaca dapat mempelajari dengan baik dan benar segala cabang ilmu agama islam dengan baik dan benar setelah itu dapat mengamalkannya serta mendapatkan Ridho Allah., Amin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam-macam Pembagian Cabang Ilmu Agama Islam"

Post a Comment