Pengertian Qana'ah dan Keuntungan Memiliki Sifat Qana'ah

Qana'ah adalah kata sifat, makna Pengertian Qana'ah sebagai kata sifat dalam arti menerima apa adanya yang memiliki makna dia menerima semua yang telah diberikan oleh Allah kepadanya cukup dan tidak pernah meminta lebih dan dapat mensyukuri nikmatnya saat senang maupun susah. Dalam sifat ini seseorang dapat dijauhkan dari sikap rakus, dan ketidakpuasan.

Pengertian Qana'ah Menurut Islam

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “قَدْ أَفْلَحَ مَنْ أَسْلَمَ, ورُزِقَ كَفَافًا, وَقَنَّعَهُ اللَّهُ بِمَا آتَاهُ
Dari Abdullah bin Umar r.a bahwa Rasulullah saw. bersabda : sungguh beruntung orang yang masuk islam dan rezekinya cukup, kemudian merasa cukup dengan apa yang telah diberikan Allah kepadanya." (H.R Muslim)
Ini memiliki makna bahwa orang yang sudah berada di dalam agama islam dengan menjalankan semua rukun islam maupun rukun iman dan berbagai perbuatan yang di ridhoi Allah, lalu dia selalu menerima dan mensyukuri apa yang telah diberikan kepadanya, maka dia adalah orang yang sangat beruntung dan akan selalu diberikan kebahagiaan oleh Allah Swt. .

Sifat Qana'ah tidak akan ada habisnya terdapat di muka bumi ini. Dan orang yang memiliki sifat ini akan lebih banyak disenangi orang lain. Orang yang memiliki sifat Qana'ah Bukan berarti hanya diam dan menunggu pemberian orang lain atau menunggu diberikan rezeki oleh Allah. Sifat Qana'ah memiliki banyak fungsi dan keuntungan bagi orang yang memilikinya, Seperti : 
  1. Menyadarkan kita Bahwa hidup ini sudah diatur oleh Allah swt.
  2. Lebih pandai dalam hal menerimadan bersyukur atas apa yang dilimpahkannya.
  3. Menambah keimanan kepada Allah dan Ibadahnya.
  4. Terhindar dari sifat takabur, angkuh, dan tamak
  5. Mendapatkan ridha dari Allah swt.
Orang yang tidak memiliki sifat Qana'ah akan dihindari atau bahkan ditinggalkan dari orang-orang disekitarnya dalam hal pergaulan atau dalam hal sosial. Mereka tidak akan pernah merasa puas dan bersyukur atas apa yang dimilikinya.
Dari Anas bin malikbahwa Rasulullah saw. bersabda: Seandainya anak adam memiliki 2 ladang emas, tentu dia akan mencari yang ketiga, dan tidak ada yang membuat penuh perut anak adam kecuali tanah (mati). Dan Allah akan menerima taubat orang yang benar-benar bertaubat.
Perilaku yang seperti ini tidak sepatutnya untuk dilakukan, kita sebagai umat manusia harus bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Allah swt. agar terhindar dari sifat takabur dan sebagainya. Sahabat pengunjung belajar islam yang ingin memiliki sifat Qana'ah dapat lebih ditingkatkan dengan cara beribadah, shalat, berdzikir, dan memohon kepada Allah agar terhindar dari sifat sifat tercela.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Qana'ah dan Keuntungan Memiliki Sifat Qana'ah"

Post a Comment